Selasa, 07 Februari 2012

Muat/mount Otomatis Partisi Ketika Ubuntu Dijalankan


      Pengguna Ubuntu biasanya kesal karena ada partisi yang tidak otomatis dimuat (mount) saat Ubuntu dijalankan. Hal ini menyebabkan beberapa hal misalnya begitu Ubuntu terbuka dan kita langsung membuka music player (banshe, rhythmbox, dsb) lalu memainkan sebuah lagu, maka apa yang terjadi lagu tersebut tidak bisa dimainkan. Mengapa? Hal ini karena player tidak bisa menemukan file tersebut yang notabene terdapat pada partisi yang belum dimuat tersebut. Untuk mengatasi hal ini kita harus memuat secara manual partisi tersebut. Hal ini tentu saja merepotkan, apalagi jika anda memiliki beberapa partisi data.

      Tapi tenang saja, dalam postingan ini saya akan menuliskan cara step-by-step untuk memuat otomatis partisi saat ubuntu dijalankan. Langsung saja,
 
Skenario:
Anda memiliki sebuah partisi misalnya drive D (kalau dilihat dari windows) dengan label "Dataku" dan sistem file NTFS. Anda ingin agar partisi ini dimuat otomatis saat Ubuntu dijalankan.

Penting: sebelum melakukan langkah-langkah dibawah ini pastikan partisi yang akan dijadikan objek oprekan tidak dalam keadaan dimuat (unmount).

  1.  Buka aplikasi Disk Utility (bawaan Ubuntu, anda tidak perlu instal lagi), lalu temukan partisi yang dijadikan objek, misalnya partisi tersebut terdapat di "sda5".
  2.  Buatlah folder baru bernama "Dataku" (bisa diganti) di /media. Untuk dapat membuat folder tersebut anda harus menjalankan nautilus (file manager) sebagai root, caranya tekan "alt+f2" lalu ketikkan "gksu nautilus", masukkan password dan anda sudah membuka nautilus sebagai root, lalu buatlah folder tersebut.
  3. Masih dalam keadaan menjalankan nautilus sebagai root bukalah file /etc/fstab. Lalu tambahkan baris seperti berikut ini:
/dev/sda5 /media/Dataku ntfs  nls=iso8859-1,users,umask=000,gid=users,user,owner,uid=root 0 0

ket:
/dev/sda5: lokasi partisi
/media/mount: tempat mount point
ntfs: jenis file sistem
sisanya: opsi-opsi yang diperlukan (jangan tanya itu apa, saya juga tidak mengerti, hehehe)

simpan file tersebut lalu tutup, tutup juga nautilus. Lalu restart komputer anda dan lihat hasilnya.

Catatan:
1. cara singkat membuat folder "Dataku" di /media: buka terminal ketikkan "sudo mkdir /media/Dataku"
2. cara singkat mengedit /etc/fstab: buka terminal lalu ketikkan "sudo gedit /etc/fstab"

      Terima Kasih!
      Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar.
      Jika Anda berkenan, sebarkan informasi ini kpd teman Anda,
      Lewat: FB, Twitter, Google+, klik saja tombol di bawah.


------------------------------------------------------------------------------------------------
Gemar Menabung - Untuk Masa Depan
Menabung Rp 500,- per hari hingga 30 - 50 kali lipat bahkan lebih jika mengajak teman Anda untuk bergabung, jangan sia-siakan koneksi internet Anda, bergabunglah sekarang. 
Sudah Terbukti! Hanya 2 Menit!!!
                                Klik Di Sini untuk bergabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar